Sabtu, 29 Oktober 2011

TIDUR SESUAI SUNAH


Tidur merupakan  hal yang penting. Karena dengan tidur kita mengumpulkan kembali tenaga untuk beribadah. Sunah tidur adalah sebagai berikut:
1.      Berwudlu sebelum tidur
Hal ini sabgaimana sabda Rasulullah SAW
“ Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudlu terlebih dahulu sebagimana wudlumu untuk melakukan shalat.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)
2.      Membersihkan tempat tidur
Hal ini berdasarkan kepada sabda RasulullahSAW
“ jika salah seorang diantara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut dengan mengucapkan “bismillah”, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalannya tadi (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)
3.      Membaca ayat ayat Al-Qur’an
Selain membaca doa sebelum tidur, ayat ayat Al-Qur’an yang dibaca antara lain:
a)      Membaca ayat kursi
b)      Membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah
c)      Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas
4.      Posisi tidur
Apapun posisi nanti setelah tidur, ketika awal tidur sebaiknya posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal tangan kanan. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah: “ Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu” (Muttafaqun Alaih)
Dalam riwayat yang lain disebutkan
“ Rasulullah SAW apabila tidur meletakkan tangan kananya di bawah pipi kanannya.” (Riwayat Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)
Secara ilmiah posisi ini sangat ideal, karena tidak menekan organ organ vital di dalam tubuh seperti jantung (bila miring ke kiri) dan paru paru (bila tengkurap).
Bagaimana dengan posisi tidur mu saudaraku? 
Semoga artikel ini bermanfaat. Bila ada saran atau tambahan itu sangat diharapkan^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar