Sabtu, 29 Oktober 2011

simpel dan menyehatkan Pedes Pedesan (nama makanan)


Hari ini (3 juni 2011) aku membantu ibu masak. Dulu ibu ku selalu masak macam macam makanan. Tapi setelah usia beliau semakin lanjut (sekarang±64thn), kebanyakan masakan menggunkan cara yang sederhana dan bumbu yang sederhana pula. Mungkin di keluarga lain makanan ini punya nama yang berbeda, di keluarga kami makanan ini disebut pedes pedesan.
Bumbu:
1.     Cabai                                                 1 siung besar
2.    Bawang putih                                      2 buah (kalau mau lebih silakan)
3.    Garam dan gula jawa serta kulit jeruk purut secukupnya (pake filling, bagi yang ngerasa ngga punya filling tanya yang punya ya :-p)

Bahan:
1.     Tempe
2.    Tahu
3.    Kecambah
4.    Kubis
(sebenarnya bisa ditambah bahan lain, misal tomat. Tapi berhubung adanya itu kemaren ya sesuai dengan yang saya tulis bumbu dan bahannya. Jumlahnya tergantung selera og)
Cara masak:
1.     Haluskan bumbu yaitu cabai dan bawang putih. Kemudian merendam gula jawa dalam air panas (mangkok). Dalam rendaman gula jawa juga dimasukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambah garam secukupnya dan kulit jeruk nipis.
2.    Tempe dan tahu dipotong kotak kotak.
3.    Kubis dipotong tipis tipis
4.    Kecambah dibersihkan dari kulit yang hijau (bagian yang butuh kesabaran nih)



Penyajian:
Ambil secukupnya tempe tahu dan kubis yang telah dipotong, ditambah dengan kecambah. Siramkan air gula jawa yang telah ditambah bumbu. Sepiring pedes pedesan siap disajikan.
Sederhana bukan^.^ Semoga dapat menjadi pilihan masakan simple nan sehat terutama bagi anak kost.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar